"SUGENG RAWUH" ****** "SELAMAT DATANG" ***** DI BLOG SAYA

Minggu, 04 September 2011

Kenangan PNPM Open menu 2009 ke-2

Pada bagian 2 (dua) ini, Pesimis itu masih ada. Tapi diwilayah saya tetap koordinasi dengan teman-teman yang ada didusun rencana sasaran PNPM Open Menu, kembali bertemu dengan mas Paidi (dusun Binagsri) menanyakan kesiapan dusun (masyarakatnya) apakah membutuhkan sekali atau tidak mengenai rencana rabat beton jalan dusun, ternyata sangat membutuhkan dan saya sampaikan ya segera saja kumpulkan masyarakat untuk menyatukan pandangan dan persiapan apa saja yang diperlukan. Mas Paidi langsung berkoordinasi dengan warga yang ada di wilayah, saya dihubungi lewat hp, rencana musyawarah dipastikan. Tak lupa juga untuk dusun Tokol saya menghubungi mas Yono, untuk mengadakan musyawarah dengan warga dusun Tokol, tapi dijawab masih belum punya jadwal. Akhirnya saya konsen yang sudah siap masyarakatnya yaitu warga dusun Binangsri.
Pada malam hari sekitar jam 7, saya datang ke rumah bapak Kamituo (Kepala Dusun), dan disana sudah berkumpul tokoh-tokoh masyarakat, RT, dan RW dusun Binangsri, siap untuk musyawarah.Singkatnya pada forum saat itu saya hanya menyampaikan detail rencana biaya fisik untuk rabat beton jalan sepanjang 3000 m, dan RAB yang sudah saya susun menghabiskan biaya +/- Rp. 425 jutaan, sedangkan dana dari program sejumlah +/- Rp.350 jutaan dan sisanya harus dari swadaya masyarakat. Saat itu saya juga sampaikan bahwa rencana pengajuan ini nanti akan diverifikasi oleh Tim Verifikasi dari PNPM kecamatan Ngantang. Pada saat itu juga dengan semangat sekali teman-teman forum membahas perkiraan pendanaan yang harus disiapkan dari swadaya masyarakat, akhirnya dapat tersusun klasifikasi iuran swadaya masyarakat. dengan klasifikasi kelas 1 rp. 250.000,-/ kk, klasifikasi 2 rp. 200.000,-/kk, klasifikasi 3 rp. 150.000,-/kk, kendaran roda 4 rp.200.000,-/unit dan roda 2 rp.100.000,-/unit (hitungan untuk kendaraan setara nilai 1 sak semen, roda 4 = 4 sak seman, roda 2 = 2 sak semen). Akhirnya forum musyawarah menyetujui dan menyepakati dengan ketentuan tersebut dan segera akan disosialisasikan ke warga semua.
Sambil menunggu informasi dari Tim Swadaya (mas Paidi) , saya koordinasi dengan rekan-rekan PNPM dari kecamatan Ngantang. (bersambung.........)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar